PLN SIAPKAN LISTRIK 90 MEGAWATT DUKUNG PARIWISATA GUNUNGKIDUL

immawan 13 Oktober 2019 05:50:50 WIB

SIDASAMEKTA KEPEK - Untuk mendapatkan masukan dari pemerintah Kabupaten Gunungkidul dan masyarakat, PLN gelar acara Multi Satakeholder Forum 2019, yang digelar di Bangsal Sewokoprojo, Wonosari, Selasa (9/10). Dalam kesempatan tersebut, Manajer UP Tiga PLN, Erik Rossi menyampaikan pihaknya siap untuk mendukung pariwisata Gunungkidul dengan memberikan support listrik di kawasan-kawasan wisata andalan Kabupaten Gunungkidul. "Kalau ada listrik, akan meningkatkan lama tinggal wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul," katanya.

Menurutnya dengan lama wisatawan tinggal maka dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata di Gunungkidul.  "Dengan lama tinggal pasti, wisatawan bertransaksi entah itu membeli souvenir, makanan khas sehingga PAD dapat meningkat," ucapnya. Ia mengungkapkan saat ini PLN menyiapkan daya sebesar 90 megawatt di Gunungkidul namun hingga saat ini baru dimanfaatkan sebesar 40 megawatt. Menurutnya dengan masih tersisanya kuota yang masih cukup besar masih bisa disalurkan di lokasi-lokasi wisata. "Saat ini instalasi listrik memang baru sampe Pantai Kukup, selanjutnya instalasi listrik akan dibangun lebih ke arah timur kembali, kami setiap tahunnya sudah ada program listrik pedesaan PLN," ucapnya. Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan program tersebut dan jaringan listrik dapat lebih meluas hingga perbatasan dengan Pacitan dan dapat menjangkau masyarakat yang berada di pelosok-pelosok pedesaan. Selain dapat meningkatkan PAD jaringan listrik dari PLN diharapkan bisa menarik investor untuk berinvestasi di kawasan wisata Gunungkidul.  "Saya mendapatkan informasi kalau investor dalam bidang pariwisata seperti penyedia Hotel dan Home Stay sudah ada yang masuk di Gunungkidul dengan adanya jaringan listrik diharap dapat meningkatkan iklim investasi," ucapnya.

Sementara itu Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, selain untuk wisata PLN diharap untuk mendukung pembangunan penerangan jalan umum.  "Selama ini pembayaran listrik dihitung per tiangnya entah itu hidup atau mati, saya harap bisa lebih dipantau lagi PJUnya," katanya. Badingah mendukung dengan program PLN yang mendukung kawasan wisata karena menurutnya dengan adanya listrik merata di kawasan wisata dapat mewujudkan pariwisata Gunungkidul yang terkemuka dan berbudaya. Dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Gunungkidul, Drajad Ruswandono diberi kesempatan untuk memberikan testimoni terhadap PLN. "Untuk PLN jangan mengecewakan pelanggan," ucapnya singkat. (tribunjogja)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemahan

Polling Web Kepek

Bagaimana menurut anda informasi dari website Kepek?
Sangat memuaskan, Lanjutkan
Memuaskan Saja
Memuaskan, Tingkatkan
Tidak Memuaskan
Create free online surveys

wa

Fanspage FB

Lokasi Kepek

tampilkan dalam peta lebih besar