POSBINDU TRIMULYO I, PEMERIKSAAN PENYAKIT SEJAK DINI

immawan 07 Oktober 2019 21:03:12 WIB

SIDASAMEKTA KEPEK - Untuk tingkatkan pengetahuan kesehatan dan meminimalisir terjadinya penyakit menular, ibu-ibu PKK Padukuhan Trimulyo I Desa Kepek adakan Pos Pelayanan Pembinaan Terpadu (Pos Bindu). Dengan peserta 87 Warga se Padukuhan Trimulyo I. Kegiatan ini diadakan Senin, 07 Oktober 2019 pagi, bertempat di Balai Padukuhan Trimulyo I. Peserta dari pelaksanaan Pos Bindu pada hari ini berasal dari seluruh Warga, dari paling muda 20 tahun hingga yang paling sepuh berusia 78 tahun.

Kegiatan Pos bindu ini terlaksana atas inisiasi Mahasiswa KKN UNY G.059 bekerjasama dengan PKK Padukuhan Trimulyo I bekerjasama dan PKK Desa Kepek, serta, Puskesmas Wonosari II, dan siswa pelajar SMK Kesehatan Wonosari (Keswari). Menurut Ketua Puskesmas Wonosari II, Arif Budiyanto, selaku pembicara mengapresiasi langkah KKN UNY G059 untuk permohonan posbindu di Dusun Trimulyo I. Menurut Kepala Puskesmas II Wonosari ini dengan adanya Posbindu ini, kesadaran masyarakat untuk hidup sehat semakin tinggi. “Posbindu, merupakan salah satu cara mendeteksi sejak dini seseorang untuk menyadari penyakitnya, agar dapat menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit, serta dapat menjaga pola hidup agar lebih sehat,” terang Arif. Posbindu, masaih menurut Arif Budiyanto sudah berkembang di masing-masing kelurahan yang ada di Kecamatan Wonosari, namun dilakukan belum begitu intesif. “

Posbindu baiknya dilakukan secara rutin setiap 3 bulan sekali, diharap 3 bulan yang akan datang kami mendapat permohonan lagi di dusun ini,” ujar Arif Budiyanto. Penyebab penyakit kronis pada umumnya adalah kurangnya kesadaran Pola hidup sehat dan tidak dilakukan melakukan pemeriksaan penyakit sejak dini. Peningkatan pola hidup sehat dan data penyakit tidak menular cenderung menurun karena mulai terbentuknya posbindu di sejumlah desa. Sehingga data semakin terakumulasi. Selain itu, masyarakat juga merasa terbantu dengan adanya posbindu ini karena menurut mereka kegiatan ini mempermudah mereka melakukan pemeriksaan. Selain mengetahui penyakitnya juga menghemat waktu dan tempat lebih mudah di akses, Arif Budiyanto dalam pemaparannya.

Ketua panitia sekaligus Ketua KKN G-059, Sunu Budi Wirawan mengungkapkan kegiatan Posbindu ini adalah merupakan salah satu program kerja kelompok KKN UNY G-059 yang dengan harapan dapat bermanfaat dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Padukuhan Trimulyo I. “Saya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dan berterimakasih banyak kepada Bapak Dukuh serta Ibu PKK Padukuhan Trimulyo 1 yang telah membimbing dan membantu kami dalam pelaksanaan kegiatan Posbindu ini, juga kepada UPT Puskesmas serta adik- adik SMK Kesehatan yang telah mensetujui dan melaksanakan kegiatan Posbindu di Dusun Trimulyo I. Saya merasa bahwa kegiatan pemeriksaan ini mendapat tanggapan yang positif dari warga Trimulyo 1 yang dapat dilihat dari mereka yang berkenan hadir untuk melakukan pemeriksaan.” ungkap Sunu Budi Wirawan.

Sedangkan menurut Sularsi Suwanto, Ketua PKK Padukuhan Trimulyo I saat ditemui tim Sidasamekta Kepek di Balai Padukuhan Trimulyo I, menjelaskan bahwa pelaksanaan Pos Bindu ini pada prinsipnya diadakan setiap 3 bulan sekali, untuk tahun 2019 ini sudah terlaksana sebanyak 2 kali. Memang seharusnya Pos Bindu di Padukuhan Trimulyo I sudah dapat terlaksana sebanyak 3 kali terhitung Bulan Oktober 2019, akan tetapi di Padukuhan Trimulyo I pada khususnya dan Desa Kepek pada umumnya, di antara Bulan Agustus hingga September sedang banyak kegiatan masyarakat yang lain. Masih menurut Ketua PKK Padukuhan Trimulyo I, kegiatan Pos Bindu kali ini dapat berjalan lancar, berkat kerjasamanya seluruh kader PKK baik ada di Padukuhan Trimulyo I dan Desa Kepe, mahasiswa KKN kelompok G-059 dari Universitas Negeri Yogyakarta, dan Karangtaruna unit Padukuhan Trimulyo. Kemudian, menurut Bu Dukuh Trimulyo I, Anjar Prihatin mengatakan bahwa pelaksanaan pos bindu kal ini berbentuk cek gula darah, asam urat, jantung, dan kolesterol. Dan semua pelayanan ini free untuk masyarakat Padukuhan Trimulyo I, dan alhamdulillah hasilnya warga Padukuhan Trimulyo I dapat dikategorikan sehat.

Dalam kegiatan ini sebagai bentuk apresiasinya, Kepala Desa Kepek Bapak Bambang Setiyawan BS turut hadir dan ikut serta menjalani serangkaian pemeriksaan yang ada di posbindu ini bersama dengan Dukuh Trimulyo 1, Bapak Tri Atmadji. Selanjutnya diharapkan agar kegiatan ini dapat diadakan berkelanjutan secara rutin setiap 3 bulan sekali, agar warga Trimulyo 1 dapat menerapkan Pola Hidup Sehat juga mendeteksi penyakit sedini mungkin. Karna kesehatan itu mahal. Masih menurut Lurah Desa Kepek, Bambang Setyawan mempunyai harapan ke depannya, kegiatan pos bindu ini tidak hanya ada di Padukuhan Trimulyo I, melainkan dapat terlaksana di kesepuluh padukuhan yang ada di Desa Kepek Wonosari. Sebenarnya pelaksanaan Pos Bindu selain di Padukuhan Trimulyo I, sudah mulai dirintid di padukuhan lain yakni di Padukuhan Sumbermulyo akan tetapi pelaksanaannya belum dapat maksimal dan rutin untuk pelaksanaannya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Polling Web Kepek

Bagaimana menurut anda informasi dari website Kepek?
Sangat memuaskan, Lanjutkan
Memuaskan Saja
Memuaskan, Tingkatkan
Tidak Memuaskan
Create free online surveys

wa

Fanspage FB

Lokasi Kepek

tampilkan dalam peta lebih besar